Jumat, 04 Maret 2016

TUGAS 1 (ETIKA PROFESI)



1.   Tuliskan karakter-karakter tidak ber Etika dalam kehidupan sehari-hari (beri 5 contoh dan analisa) ?
- Selalu menanggapi emosi: Karakter ini dianggap tidak beretika karena sesuatu hal yang dibicarakan tidak dapat diselesaikan dengan damai atau musyawarah.
-  Berbicara kasar di depan orang : Orang yang berbicara kasar di depan umum terhadap orang yang bersangkutan dianggap tidak beretika karena selain tidak menghargai orang tersebut, juga tidak mempedulikan kondisi lingkungan sekitar.
-  Bersikap ego dalam kelompok kerja per team: Kelompok kerja dibutuhkan kerja sama dan kekompakkan satu sama lain tetapi ada satu orang saja yg tidak mau mengerjakan tugas dalam kelompok dengan alasan tidak jelas maka orang  tersebut dapat dianggap tidak beretika.
- Suka mengambil barang yang bukan miliknya: orang yang selalu mencari - cari kesempatan disaat orang lain lengah untuk mengambil barang yang bukan miliknya merupakan salah satu sifat yg tidak beretika.
- Tidak menghargai keputusan orang dalam musyawarah : Musyawarah pasti terdapat orang pendapat yang berbeda sehingga belum tentu keputusan yg dibuat sesuai dengan pendapat kita, jika kita tidak menghargai keputusan orang dalam musyawarah kita dianggap tidak memiliki etika.
- Memposting foto / video ke media social,  perilaku ini termasuk dalam tingkah laku tidak beretika karena dapat merugi kan orang lain dan dapat memutuskan hubungan silahturahmi.
- Membuka tas teman tanpa izin (Lancang), Perilaku ini juga tidak bertika karena akan timbul motif motif kejahatan seperti mencuri
-  Semenah-menah terhadap adik kelas, Prilaku semenah-  menah kegiatan negatif. Kegiatan mencemooh, nyuruh dan memarahi. Perilaku tersebut juga tidak sopan dilakukan karena membuat seorang merasa tertekan.
2.   Tuliskan aktivitas tidak ber ETIKA professional dalam bekerja sebagai seorang sarjana Teknik Industri (beri 5 contoh dan analisa)
Bekerja dengan tidak bertanggungjawab, tugas yang diberikan seorang atasan dikerjakan dengan tidak serius atau asal mengerjakan seadanya, sikap tidak beretika profesional ini menyebabkan terhambatnya tujuan perusahaan serta merugikan rekan kerja lainnya karena harus mengerjakan ulang pekerjaan yang ditangani asal-asalan tersebut.

3.   Melanggar peraturan dalam tempat bekerja, peraturan dibuat untuk para pekerja agar tidak menyimpang dari ketetapan dan pekerjaan menjadi lebih terstruktur. Tidak mentaati peraturan menunjukkan sikap tidak beretika dalam bekerjaprofessional. Tidak objektif dalam melakukan pekerjaan, untuk memenuhi kewajiban profesionalnya, seorang pekerja harus dapat objektif dan tidak mementingkan atau mengagung-agungkan sebuah kepentingan untuk golongan tertentu saja.
4.   Menghina dan menghujat hasil pekerjaan orang lain karena pekerjaan yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan. Meskipun hasil pekerjaan tersebut mengecewakan, namun kita tidak boleh menghujat atau menghina hasil pekerjaan tersebut. Sebagai pekerja professional menghargai pekerjaan orang lain adalah penting, karena dengan menghargai, kita dapat dihargai.

3. jelaskan pentingnya memahami Etika Professional untuk sarjana Teknin Industri
Etika Profesi adalah suatu tindakan refleksi atau self control dalam pekerjaan yang dilakukan untuk kepentingan sosial atau sendiri dalam suatu bidang keahlain tertentu.  3Etika profesi sangat penting dalam bidang keteknikan dikarenakan suatu profesi harus mempunyai tanggung jawab, keadilan, dan otonomi, yang mencakup bidang desain, perbaikan, dan pemasangan dari sistem integral yang terdiri dari manusia, bahan-bahan, informasi, peralatan dan energi. Hal ini digambarkan sebagai pengetahuan dan keterampilan yang spesifik pada metematika, fisika, dan ilmu-ilmu sosial bersama dengan prinsip dan metode dari analisis keteknikan dan desain untuk mengkhususkan, memprediksi, dan mengevaluasi hasil yang akan dicapai dari suatu sistem. Industri bersepakat untuk lebih mempertinggi pengabdian kepada Bangsa, Negara dan Masyarakat. Selaras dengan dasar negara (PANCASILA).
4.   Jelaskan dan uraikan organisasi profesi yang relevan untuk prodi Teknik Industri selain PIL
Organisasi adalah wadah berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama, kemudian mengorganisasikan diri dengan bekerja bersama-sama dan merealisasikan tujuan. yang akan di capai dalam rentang waktu tertentu, berdasarkan rentang dan cakupanya dalam karakteristik : Tujuan jangka panjang, Menengah dan Pendek.

Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar