Kamis, 21 Januari 2016

DAMPAK PENYALAHGUNAAN NARKOBA DAPAT MEMBUNUH CITA-CITA GENERASI MUDA.


Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.
Semua istilah ini, baik "narkoba" ataupun "napza", mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan, narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini persepsi itu disalahartikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya.
Bahaya narkoba sudah di depan mata. Dibutuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan sehingga tak mudah disusupi pengedar narkoba.  kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan perlu ditingkatkan. Mulai dari  lingkungan terkecil  keluarga, sampai  seluruh masyarakat  Untuk mencegah peredaran narkoba warga perlu diberikan pencerahan agar memiliki pengetahuan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba. Misalkan, bagaimana mengenali ciri-ciri fisik pecandu narkoba.
 
Ada beberapa ciri-ciri pecandu narkoba
1.      pribadi yang tertutup,
2.       penuh rahasia, dan 
3.      cenderung suka menyendiri. 
Jenis- jenis narkoba
1.      Heroin adalah derivatif 3.6-diasetil dari morfin (karena itulah namanya adalah diasetilmorfin) dan disintesiskan darinya melalui asetilasi.
2.      Ganja adalah tumbuhan budidaya penghasil serat, namun lebih dikenal karena kandungan zat narkotika pada bijinya, tetrahidrokanabinol (THC, tetra-hydro-cannabinol) yang dapat membuat pemakainya mengalami euforia ( Rasa Senang )

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar