Minggu, 17 Januari 2016

(KEWIRAUSAHAAN) Pemasaran








Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi  yang bertujuan untuk memberikan informasi  mengenai barang dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Pemasaran dimulai pada kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginan misalnya jual besi tua merek polyken. Maka manusia ini memilih besi tua yang sesuai dengan kebutuhan dalam usaha dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.

Pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasaran. Pemasaran ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen. proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen :

1.      Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan
Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
3.      Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran.

Strategi pemasaran ini dipengaruhi Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat dan Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Umumnya orang yang baru mulai ataupun yang sudah lama berbisnis besi tua adalah bagaimana memasarkan / menjual besi tua mereka, kemana harus menjual, dan tentu saja mereka mencari harga terbaik untuk besi tua mereka, dengan begitu mereka bisa bersaing dan mendapat untung dari bisnisnya tersebut, Bagaimana cara atau trik untuk memasarkan besi tua agar anda mendapat untung dan dapat bersaing di kancah bisnis besi tua tersebut.

Pertama harus di fahami dulu bahwa besi tua kelas apapun tentu saja sama berbahan dasar sama bahkan kaleng sama bahan dasarnya adalah karbon, manganese dan lainnya mungkin ada perbedaan dari suatu kadar saja dari kaleng, seng, rongsok, dan lainnya yang akan mempengaruhi hasil dari peleburannya, maka dari itu pihak pabrik peleburan membuat klasifikasi dari masing masing besi tua/scrap untuk membedakan harga pembelian berdasarkan kadar besi tua itu sendiri.

Cara dengan mudah membedakan bahan dasar dari besi tua dalam tiga macam jenis :

1.      besi baja besi jenis ini cenderung keras tapi mudah patah, seperti as kendaraan bermotor, alat berat, mesin-mesin pabrik dll. Besi jenis ini kalau di lebur harus dengan suhu yg tinggi,

2.      besi baja besi  jenis besi cor jenis ini sangat mudah pecah kalau terkena benturan karena seratnya yang longgar karena tidak memakai manganese dalam bahan dasarnya, besi jenis ini biasanya terdapat pada block mesin, pompa air dll.

3.      besi baja besi  jenis besi biasa yaitu besi yg bahan dsarnya seimbang antara baja, carbon dan manganese-nya, besi jenis inilah yg paling di sukai oleh pabrik peleburan karena sfatnya yang tidak terlalu keras juga elastis sangat cocok untuk di jadikan bahan untuk membuat besi beton, siku, plat dll.

Kembali kepada masalah pemasaran besi tua, pabrik peleburan klasifikasi dalam besi tua di antaranya ada beberapa kelas A1, A2, A3, B1, B2, RONGSOK, dan KALENG,  Intinya kelas besi tua itu di bedakan oleh ketebalan dan kondisi besi tua itu sendiri, semakin tebal dan semakin bagus kondisinya maka semakin tinggi kelas dan harganya. Lalu bagaimana kita bisa menjual produk besi tua dengan untung yang besar? Sementara harga di pabrik sudah baku dan harga di pasaran bawah sangat ketat persaingannya, Solusinya adalah mencampur/oplos di saat menjual atau sortir dahulu sebelum di jual ke pabrik, anda beli di bawah bagi dalam 3 kelas, super, campur dan stal. Besi super meliputi H-Biem, kanal U, behl ukuran di atas 12, plat tebal, siku besar dan pipa besar diatas 5 inchi. Untuk besi campur antara lain pipa kecil, behl kecil, ranjang ,sepeda, plat tipis ,dan besi yg berukuran kecil. pabrik akan sedikit menaikan harga barang tersebut yg mereka butuhkan,terus bagaimana caranya? ya tentu saja anda tanya kepada suplieur yg tau masalahnya.


Untuk pengiriman coba anda olah barang-barang tersebut misalnya drum bekas dan plat kulkas di potong kecil-kecil, paku di pisah lalu di campur dengan besi pipa sepeda yang sudah di potong, behl kecil, pipa-pipa, dan besi kecil-kecil, dengan begitu anda bisa lebih untung.





Sumber :











Tidak ada komentar:

Posting Komentar